Kerisis Iman

Keimanan adalah hal yang sangat penting sebagai seorang muslim,Salah satunya yang harus menancap pada pada hati kita adalah keimanan kepada Allah. Iman kepada Allah adalah keyakinan yang kuat bahwa Allah adalah RABB dan Raja segala sesuatu, Dialah Yang Mencipta, Yang Memberi Rizki, yang Menghidupkan, dan yang Mematikan, hanya Dia yang berhak diibadahi. Kepasrahan, kerendahan diri, ketundukan, dan segala jenis ibadah tidak boleh diberikan kepada selain-Nya, Dia memiliki sifat-sifat kesempurnaan, keagungan, dan kemuliaan, serta Dia bersih dari segala cacat dan kekurangan.

Tapi Iman bagi segolongan orang hanya berupa hiasan hidup yang di gunakan pada saat dibutuhkan dalam waktu-waktu tertentu saja, sehingga perbuatan sehari-hari tidak dilandasi dengan iman. Akibatnya segala cara ia lakukan demi tercapainya sebuah tujuan .

Karena iman tidak selamanya melekat dalam jiwa, Allah SWT tidak segan – segan untuk mengembalikan manusia ke lembah yang paling hina sekalipun,sebagaimana firman Allah SWT:

ثُمَّ رَدَدْنَاهُ أَسْفَلَ سَافِلِينَ

Kemudian kami kembalikan di (manusia) ke tempat yang serendah – rendahnya”(QS. At-tin :5)

Tanpa iman di dada dalam berusaha berbisnis tidak berpatokan lagi kepada etika bisnis baik secara hukum dunia maupun hukum agama, yang haram dirubah menjadi halal , Naudzubilahi mindzalik.

Karena ketiadaan iman juga , hidup bersaing secara tidak sehat menjadi biasa , hidup selalu saling curiga padahal sesama muslim.mulutnya tak henti menyebar fitnah dan gibah,untuk beribadah terkadang lupa, selalu ingin unggul dari segala bidang dengan orang lain padahal dari segi kemampuan tidak ada.Inilah kerisis iman yang kita khawatirkan menghinggapi hati kita.

Wallahu ‘alam bishshawab.

12 thoughts on “Kerisis Iman

  1. zainal mengatakan:

    saya pernah mendengar sebuah hadits yang menyatakan bahwa sesungguhnya iman itu akan usang dalam rongga dada seseorang sebagaimana usangnya pakaian;maka mohonlah kepada Allah untuk memperbaharui iman kalian….

  2. Ely Meyer mengatakan:

    @Zainal .. bagi dong haditsnya

  3. H Onnie S Sandi SE mengatakan:

    betul teh…krisis keimanan, karena dalam meraih pekerjaan, jabatan, bisnis dll, tidak dilandasi dgn motif ibadah, ttp mengejar diniai saja…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s