Kunci Meraih Sukses Dengan Sabar

Rhamadhan telah berlalu menyisakan kerinduan untuk menjamunya kembali dengan amal soleh, Pelatihan menahan nafsu di bulan suci itu semoga membekas di bulan berikutnya seperti sekarang ini. Di bulan suci ramadhan kita berlatih untuk bersabar dan sabar itu terpatri di dada menorehkan pribadi – pribadi yang indah.

Hidup sebenarnya merupakan perpindahan dari satu masalah ke masalah lain. Dari satu ujian ke ujian lain. Dan kabar gembira bagi orang-orang yang sabar dalam menjalani setiap ujian dalam hidupnya. Yakin bahwa semuanya terjadi atas kehendak Allah SWT

Banyak orang yang berpenampilan indah tetapi terhina,Banyak yang hidupnya mewah tapi hatinya susah,Banyak orang yang karirnya melesat tapi akhirnya jatuh dengan cepat.Banyak orang tergelincir ketika dilanda asmara yang akibatnya ia menderita.

إِنَّ اللهَ مَعَ الصَّابِرِيْن

”  Sesungguhnya Allah itu beserta orang – orang yang sabar  “.     ( QS.002: Al-Baqarah : 153)

Berkata Al-Imam Al-Mawardiy: “Ilmu adalah pengganti dari segala kelezatan dan mencukupi dari segala kesenangan. Barangsiapa yang menyendiri dengan ilmu maka kesendiriannya itu tidak menjadikan dia sepi. Dan barangsiapa yang menghibur diri dengan kitab-kitab maka dia akan mendapat kesenangan. Maka tidak ada teman berbual sebaik ilmu dan tidak ada sifat yang akan menolong pemiliknya seperti sifat al-hilm (sabar dan tidak terburu-buru).” (Adabud Dunya wad Diin hal.92, dari Aadaabu Thaalibil ‘Ilmi hal.71)

Sungguh aneh jika kita ingin hidup bahagia tetapi tidak mau bersabar.Sabar itu kunci .Kalau kita bersabar ,maka kita akan memiliki pribadi yang indah .Kalau selalu bersabar kita akan menjadi orang yang dekat dengan Allah dan insya Allah ganjaran kita tiada terputus.Di dunia senang diakherat pun bahagia.

Setidaknya dalam hidup ini ada tiga hal yang memerlukan kesabaran kita :

Pertama, Sabar ketika berkeinginan.Setiap hari kita selalu di tuntun oleh keinginan.kalau kita tidak sabar ,Keinginan inilah yang akan menjerumuskan kita .Jadi sabar yang pertama adalah meluruskan niat ketika kita mempunyai keinginan.

Orang yang telah bekerja maksimal , berikhtiar dengan sepenuh tenaga,bahkan rela pontang – panting kelelahan, bisa saja tidak ada nilainya. Mengapa ? Dia tidak bersabar meluruskan niat. Maka sebelum melakukan sesuatu atau beramal,wajib kita untuk meluruskan niat. Tanpa niat,amal menjadi sia-sia.Apalagi jika niatnya salah, maka amalpun kan rusak.

Semestinya kita harus lebih sibuk meluruskan niat dari pada bergelut dengan keinginan-keinginan kita.Misalnya kita akan membeli sesuatu barang.Tanyakan kepada diri kita apakah kita membelinya karena Allah atau karena keinginan untuk di puji.Untuk  apa kita memiliki sesuatu yang indah tetapi kita tidak mempunyai kelakuan yang indah? Tidakah kita pahami bahwa semua itu akan di hisab?. Kenapa kita repot-repot dengan keinginan kita padahal itu akan makin memperberat hisab kita di hadapan Allah nanti?.

Kedua, Sabar dalam berproses.Kita biasanya tidak sanggup untuk berproses .Kita harus menikmati proses ,bukan hasil.Dari proses itu akan , insya Allah akan berbuah pahala.

Dalam proses itu,kita perlu menyelaraskan usaha kita dengan sunnatullah, yakni aturan – aturan Allah dalam kehidupan ini, baik yang alamiah maupun yang berhubungan dengan moral.Orang yang tidak memiliki kesabaran menjalani proses cenderung akan terperosok ke dalam perbuatan-perbuatan tidak jujur untuk mempercepat tercapainya hasil yang di inginkan.

Seorang pelajar yang tidak sabar dalam prosesnya akan memanfaatkan segala cara untuk mendapatkan nilai tinggi,Tak apa mencontek , yang penting nilai tinggi . Tak apa menyogok yang penting bisa masuk sekolah pavorit. akibatnya , nilainya tinggi tapi akhlaknya merosot begitu rendah ; Sekolahnya pavorit tapi pemikirannya sempit. kepribadiannya morat – marit.

Ketiga,Sabar ketiga telah mendapatkan hasilnya . Hasil itu ada dua jenis , yaitu gagal dan sukses.Keduanya butuh kesabaran. Kegagalan itu adalah ketika kita tidak sabar menghadapi sesuatu hal yang tidak sesuai dengan keinginan kita.Kita punya rencana , Allah juga punya rencana . Yang akan terjadi adalah rencana Allah,Kenapa Allah mentakdirkan sesuatu lalu kita anggap gagal ? padahal itu yang terbaik.

Tidak heran seseorang di bimbing Allah dengan sakit ,penolakan,hinaan,semua itu bisa menjadi sebuah jalan dia mendekatkan diri kepada Allah SWT. Oleh karena itu , harus sabar menghadapi sesuatu yang tidak cocok dengan keinginan kita.

Wallahu ‘alam bishshawab

13 thoughts on “Kunci Meraih Sukses Dengan Sabar

  1. Ummu El Nurien mengatakan:

    mudahan Allah golongkan kita termasuk orang-orang yang sabar…

  2. yisha mengatakan:

    yisha ngga mungkin sabar………👿

  3. uyayan mengatakan:

    saya lagi belajar jadi seorang penyabar…

  4. senitea mengatakan:

    kuncinya di gondol maling..

    **malingnya sisi gelap saia**

  5. srierizky mengatakan:

    🙂
    Yang benar Kunci kebahagiaan…
    He..he..

  6. pena usang mengatakan:

    Sabar dalam berkeinginan dan sabar dalam berproses adalah dua tersulit, tapi hasilnya memang manis, sangat manis

  7. violetcactus mengatakan:

    saya juga masih terus berlatih untuk bersabar Mba’..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s