Zakat Fitri Dengan Uang

Tak terasa berjalannya waktu , pertanda kita hidup di alam fana ini begitu betah sehingga rhamadan di tunggu kedatangannya sekarang sudah mulai pergi lagi dengan kurang begitu baik kita menjamu-nya dengan amal soleh.

Kewajiban seorang muslim di bulan yang suci ini ada dua kewajiban yaitu menjalankan ibadah saum dan membayar zakat, Saya bukanlah orang yang taat beribadah dan pintar dalam ilmu hadist tapi saya ingin membagi nya kepada sahabat – sahabat bloger semuanya, mudah – mudahan menjadi ladang amal kebaikan.Dan ucapan terima kasih yang tak ter-hingga seandainya ada yang mengoreksi dan menambahkan apa yang saya tulis ini.

Mayoritas ulama berpendapat bahwa Zakat Fitri tidak boleh di ganti dengan uang.Ini merupakan mazhab Malikiyyah,Safi’iyyah, dan Hanabillah.Adapun mazhab Hanafiyyah membolehkannya.Pendapat ( yang membolehkan) ini banyak di ikuti oleh para penulis ,seperti Ahmad-Gumari dalam Tahiqiqul-Amal Fi Ikhroj Zakatil-Fithri Bil-Mal, Husain bin Ali ash-suda dalam risalhnya Jawaz Ikhroz Zakatil Fitri Naqda, dan lain-lain.Namun pendapat yang kuat adalah pendapat pertama,Karea beberapa Alasan :

  1. Dalil-dalil pendapat pertama lebih kuat dibandingkan dalil-dalil pendapat kedua.
  2. Mengeluarkan zakat fitri dengan uang meyelisihi Sunnah Rosululloh SAW , karena pada masa beliau mata uang sudah ada namun tidak di nukil kabar bahwa beliau memerintahkan kepada para sahabatnya mengeluarkan zakat fitri dengan dinar atau dirham.
  3. Ibadah ini telah di batasi tempat , waktu, Jenis dan ukurannya, maka tidak boleh di selisihi, karena harus berdasarkan dalil.
  4. Mengeluarkannya dengan uang berarti mengubah zakat fitri dari suatu syiar yang tampak menjadi shadaqoh yang tersembunyi.
  5. Sesuai kaidah bahwa tidak boleh berpindah kepada badal (ganti) melainkan aslinya tidak ada.(Lihat Ahkam Ma Ba’da Shiyam Karangan Muhammad bin Rosyid Al-Ghufaili halaman.32-33)
“Selamat Menjalankan Ibadah Saum dan Selamat Hari Raya  1433 H “

14 thoughts on “Zakat Fitri Dengan Uang

  1. puchsukahujan mengatakan:

    salam kenal mbak, kunjungan balik ini..😀

  2. H Onnie S Sandi SE mengatakan:

    Hidup adalah proses belajar dan mengajar…

  3. cumakatakata mengatakan:

    kyaknya ini Blog Ustadzah yaa?

  4. zainal mengatakan:

    postingan yang bermanfaat..
    Terima kasih telah berbagi..
    Semoga istiqomah..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s